Mengembangkan Mutu Pengajaran Guru untuk Pendidikan Indonesia melalui GuruInovatif.id


Tak semua rencana dan tujuan yang hendak kita capai akan terwujud dengan mudah. Hal tersebut begitu nyata ketika pandemi global menyerang dikarenakan virus corona. Pergi ke sekolah, berangkat ke kantor, semua aktivitas normal seakan terhenti demi terhindar dari virus yang sangat baru itu. Ada yang harus bekerja dan bersekolah di rumah, ada pula yang tak bisa meninggalkan aktivitasnya di luar rumah.

Perubahan sistem pembelajaran mendadak dikarenakan pandemi corona begitu saya rasakan sebagai mahasiswa. Semua kegiatan pembelajaran dan aktivitas kampus dirumahkan dan diganti dengan sistem daring. Bila tidak memungkinkan, kegiatan yang semula telah direncanakan akhirnya gagal dilaksanakan. Proses perkuliahan pun terasa buntu di tugas, materi, dan pertemuan. Sebagai mahasiswa pendidikan, terkadang ada pula keinginan agar materi dan pertemuan disajikan dengan menyenangkan. Namun yang hadir justru tugas yang lebih banyak dibandingkan pembelajaran langsung.

Tak terbayang bila hal tersebut terjadi pada siswa yang bersekolah di tingkat awal. Segala hal menjadi sulit karena harus memahami pelajaran sendiri. Para guru juga turut berjuang demi kesetaraan pendidikan di masa pandemi saat ini. Pada akhirnya, mau tidak mau, merumahkan aktivitas belajar mengajar menjadi satu-satunya langkah demi kembali kondusifnya negeri ini meski memiliki dampak besar bagi pendidikan di Indonesia.

***

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang dipublikasikan pada Maret 2020, terdapat beberapa kebijakan yang diambil sebagai langkah partisipasi pendidikan dalam mengurangi jumlah kasus peningkatan kasus pasien pandemi corona, salah satunya dengan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh secara daring. Keputusan ini tentu bukan hal yang telah direncanakan sebelumnya sehingga tak dapat dipungkiri lagi bahwa akan terjadi berbagai permasalahan.

Permasalahan karena ketidaksiapan dalam menghadapi pembelajaran daring begitu dirasakan dampaknya, salah satunya oleh kaum pelajar. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengadakan survei dengan 1700 responden untuk mengetahui persepsi siswa dalam pembelajaran jarak jauh, baik dalam pembelajaran hingga dalam akses.

Berkaitan dengan pembelajaran daring, siswa mengalami kesulitan karena tugas yang menumpuk dengan tenggat yang sempit hingga waktu pengerjaan tugas yang singkat sehingga berdampak pada kesehatannya. Dilansir dari suara.com, terdapat siswa 16 tahun yang naik tensinya dikarenakan harus berjam-jam berhadapan dengan gawai demi mengerjakan tugas. Untuk akses sendiri, terdapat 42,2% responden yang tidak memiliki kuota internet bahkan 15,6% responden tidak memiliki gawai untuk mengakses pembelajaran daring.

Dari data KPAI tersebut, terlihat bahwa sistem pembelajaran di Indonesia menjadi PR besar ketika pandemi menyerang negeri ini. KPAI juga meminta kepada guru dan institusi pendidikan untuk memberikan metode pengajaran yang menyenangkan dan tepat sehingga tidak menyebabkan penurunan kesehatan bagi siswa yang diajar akibat dampak dari metode pembelajaran daring yang kurang tepat.

Ujian pendidikan di Indonesia tidak hanya terjadi di masa pandemi, namun jauh sebelum itu. Dalam data terbaru dari Education Index yang dirilis Human Development Reports pada 2017, kondisi pendidikan di Indonesia sendiri menempati posisi ketujuh di ASEAN dengan skor 0,622 di bawah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Data tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat pendidikan di Indonesia masih dalam tahap perkembangan dengan angka yang cukup rendah dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Tingkat pendidikan di Indonesia yang masih berkembang dan kondisi pandemi saat ini menjadi tantangan bagi guru untuk selalu berinovasi demi menjaga profesionalitas dan integritasnya dalam mengajar. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dan Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) yang didukung oleh PREDIKT mengadakan Survei Suara Guru di Masa Pandemi COVID-19. Dari 27.046 responden yang terdiri dari guru dan tenaga pendidikan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, kebutuhan peningkatan kapasitas guru sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat pada infografis berikut.

Dari infografis di atas, terdapat beberapa hal yang dibutuhkan guru pada saat pandemi. Mulai dari mempelajari protokol kesehatan, kebutuhan kompetensi kurikulum, hingga pengetahuan digital dasar yang menjadi momok besar dengan perubahan sistem pendidikan akibat pandemi. Tentu diperlukan akses pelatihan bagi guru untuk mempelajari dan mendalami hal tersebut dengan spirit menjaga mutu pengajarannya dan pendidikan Indonesia itu sendiri.

Bila sebelumnya berbagai hal seperti pelatihan guru umumnya dilakukan di luar rumah, kini peningkatan kapasitas guru dalam hal kompetensi hingga pelatihan perangkat daring dapat dilakukan dengan mudah menggunakan internet dan gawai yang ada. Tempat belajar guru kini mulai tidak dibatasi ruang dan waktu. Tentu hal seperti ini yang dibutuhkan para guru untuk meningkatkan kompetensinya di masa pandemi saat ini.

GuruInovatif.id adalah sebuah platform digital bersertifikasi untuk guru meningkatkan kemampuannya dalam mengajar secara terukur dan terstruktur. Media yang digunakan dalam GuruInovatif.id berupa video pembelajaran dan modul elektronik yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Kehadiran GuruInovatif.id sendiri merupakan suatu inovasi digital dari HAFECS dengan spirit menjaga kualitas pengajaran guru.

Kehadiran GuruInovatif.id menjadi semangat pendidikan bagi para guru untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar di masa pandemi saat ini serta sebagai bekal bila kegiatan pembelajaran telah berjalan normal.

Di dalam platformnya, GuruInovatif.id memiliki keunggulan dan menawarkan peluang yang besar bagi para guru yang terus belajar meningkatkan kualitas pengajarannya diantaranya:

  • Melatih Kemampuan Guru 
    GuruInovatif.id menjadi tempat belajar guru dalam mengasah kemampuan mengajarnya dengan kurikulum yang berkualitas. Platform ini menyediakan berbagai topik untuk melatih kemampuan guru mulai dari Pedagogical Content Knowledge (PCK), Higher Order Thinking Skill (HOTS), hingga Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan lainnya.
  • Trainer Berpengalaman
    Trainer memiliki peran yang krusial dalam melatih dan membimbing guru dalam mengembangkan mutu kualitas pengajarannya. Sebagai platform yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia, pelatihan di GuruInovatif.id diisi oleh trainer yang berpengalaman dari HAFECS. GuruInovatif.id juga menjadi ruang diskusi bagi trainer dan para guru.
  • Kursus bersertifikasi
    Kursus dan webinar yang terdapat di GuruInovatif.id telah dilengkapi dengan sertifikat. Tentu sertifikat ini dapat digunakan untuk sertifikasi guru ke depannya.
  • Kemudahan Belajar
    Pembelajaran bagi guru di GuruInovatif.id menggunakan media daring dengan kebebasan akses kapan saja dan di mana saja. Hal tersebut memudahkan guru untuk menyesuaikan waktunya untuk belajar bagi pengembangan dirinya dan waktu untuk mengajar. Tak hanya itu, metode yang digunakan trainer juga memudahkan guru untuk memahami pelatihan.

Dari keunggulan tersebut, tentu bagi guru maupun tenaga pelajar lainnya GuruInovatif.id merupakan platform yang sangat bermanfaat dan sayang untuk dilewatkan dalam meningkatkan kapasitasnya demi pendidikan Indonesia. Untuk detailnya sendiri, GuruInovatif.id menawarkan fasilitas yang terbagi secara berikut.

Online Certification 32 JP

Online Certification merupakan salah satu kursus daring premium yang bersertifikasi 32 JP. Kursus daring ini menyediakan video-video pengajaran untuk semua jenjang sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Materi yang disajikan dalam video pengajaran Online Certification dikemas secara terstruktur dan mengangkat tema mulai dari PCK, HOTS, hingga AKM.

Productivity Course 8/16 JP

Productivity Course merupakan salah satu kursus daring gratis dengan tema pemanfaatan media pembelajaran terkini untuk mendukung kompetensi pengajaran guru. Kursus ini juga menjadi kursus yang sangat dibutuhkan guru di masa pandemi, terutama bagi mereka yang belum menguasai pengetahuan digital dasar. Hal ini akan memudahkan guru beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring dan melakukan pengajaran dengan baik.

Mini Course

Mini Course merupakan salah satu kursus daring premium yang memiliki tema khusus untuk membahas bagian tertentu dari suatu mata pelajaran di sekolah. Kursus ini akan menjelaskan secara detail tahapan mengajar suatu pelajaran mulai dari tahap permulaan, tahap pengajaran hingga tahap penilaian. Selanjutnya, hasil kursus ini juga dapat diterapkan guru di kelas.

Innovation School Leaders and Teachers (ISLTF)

ISLTF merupakan inovasi GuruInovatif.id bersama HAFECS untuk Guru dengan menghadirkan program kelas online untuk seluruh jenjang Guru di Indonesia dari Sabang hingga Merauke guna membagikan ilmu dan metode pengajaran terbaru secara gratis.

Webinar (Pelatihan Online) 32/64 JP

Webinar diadakan GuruInovatif.id bersama HAFECS diadakan secara rutin dengan tema yang berbeda-beda di setiap pertemuannya. Adanya webinar ini guna meningkatkan mutu pengajaran guru dalam perannya di pendidikan secara umum di Indonesia.

Biaya kursus yang terdapat di GuruInovatif.id sangat bervariasi dan terjangkau. Terdapat kursus yang gratis dan ada pula kursus yang biayanya mendapat potongan harga yang cukup besar mulai dari 25 ribu rupiah. Tentu selain fasilitas modul dan video materi dapat diakses tanpa khawatir soal waktu, harga yang ditawarkan menjadi kelebihan GuruInovatif.id yang dapat menjangkau guru dan tenaga pengajar di seluruh Indonesia. Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id kini dapat lebih mudah.

Penggunaan platform GuruInovatif.id sangatlah mudah. Di websitenya sendiri, GuruInovatif.id memberikan tutorial mulai dari Cara Belajar, Cara Pembayaran, dan Cara Mendapatkan Sertifikat yang memudahkan guru untuk memahami penggunaan platformnya. Penjelasan dalam tutorialnya juga sangat mudah dipahami. Fasilitas dalam platform ini begitu ramah terhadap pengguna, terutama bagi mereka yang masih awam dalam menggunakan fitur GuruInovatif.id.

Bila sudah tertarik dengan platformnya, tentu salah satu langkah dalam berkontribusi sebagai pengguna adalah memiliki akun GuruInovatif.id. Cara membuat akunnya juga mudah. Anda hanya perlu mengisi data diri anda pada setiap kolom.

Terdapat banyak sekali keuntungan bila kita memiliki akun GuruInovatif.id, mulai dari mengetahui informasi webinar pendidikan secara update dan dapat mengakses kursus dengan mudah, terutama kursus yang gratis.

Ulasan dari para pengguna GuruInovatif.id ini pun membuat Anda, terutama yang membidangi pendidikan cukup bersemangat dan percaya dengan fasilitas dan kualitas yang diberikan platform ini.

Baik guru, tenaga pengajar, akademisi, dan pemerhati pendidikan lainnya bahkan bagi mereka yang tertarik dengan dunia pendidikan dapat mempercayakan GuruInovatif.id sebagai platform pendidikan terbaik. Anda dan siapa pun dapat mengakses GuruInovatif.id untuk terus mengembangkan diri, terutama dalam hal pendidikan dan pengajaran. Dengan partisipasi kita dengan mengenali dunia pendidikan, hal tersebut menjadi langkah kecil menuju perubahan besar dalam pendidikan di Indonesia!

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog GuruInovatif.id yang diselenggarakan oleh GuruInovatif.id. Tautan artikel ini telah dipublikasikan melalui akun Instagram dan Facebook pribadi milik penulis.
Gambar yang ditampilkan dalam tulisan ini diolah oleh penulis secara mandiri. Foto yang dicantumkan dalam tulisan ini telah dicantumkan sumbernya. Sedangkan tampilan platform GuruInovatif.id bersumber langsung pada website itu sendiri.

Sumber Referensi

https://spab.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=infografik-suara-guru-di-masa-pandemi-covid-19_gtk-x-wvi-071020

https://www.kpai.go.id/berita/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota

https://www.suara.com/news/2020/03/19/172639/keluhan-siswa-belajar-online-karena-corona-boros-kouta-hingga-tensi-naik

http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020

https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Balasan Surat Pribadi

[Review Produk] Cuka Apel Tahesta, Produk Lokal Murah Menghilangkan Jerawat

Sahabat Pena