Mengembangkan Mutu Pengajaran Guru untuk Pendidikan Indonesia melalui GuruInovatif.id
Tak semua rencana dan tujuan yang hendak kita capai akan terwujud dengan mudah. Hal tersebut begitu nyata ketika pandemi global menyerang dikarenakan virus corona. Pergi ke sekolah, berangkat ke kantor, semua aktivitas normal seakan terhenti demi terhindar dari virus yang sangat baru itu. Ada yang harus bekerja dan bersekolah di rumah, ada pula yang tak bisa meninggalkan aktivitasnya di luar rumah.
Perubahan sistem pembelajaran mendadak dikarenakan pandemi corona begitu saya rasakan sebagai mahasiswa. Semua kegiatan pembelajaran dan aktivitas kampus dirumahkan dan diganti dengan sistem daring. Bila tidak memungkinkan, kegiatan yang semula telah direncanakan akhirnya gagal dilaksanakan. Proses perkuliahan pun terasa buntu di tugas, materi, dan pertemuan. Sebagai mahasiswa pendidikan, terkadang ada pula keinginan agar materi dan pertemuan disajikan dengan menyenangkan. Namun yang hadir justru tugas yang lebih banyak dibandingkan pembelajaran langsung.
Tak terbayang bila hal tersebut terjadi pada siswa yang bersekolah di tingkat awal. Segala hal menjadi sulit karena harus memahami pelajaran sendiri. Para guru juga turut berjuang demi kesetaraan pendidikan di masa pandemi saat ini. Pada akhirnya, mau tidak mau, merumahkan aktivitas belajar mengajar menjadi satu-satunya langkah demi kembali kondusifnya negeri ini meski memiliki dampak besar bagi pendidikan di Indonesia.
***
Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang
dipublikasikan pada Maret 2020, terdapat beberapa kebijakan yang diambil
sebagai langkah partisipasi pendidikan dalam mengurangi jumlah kasus
peningkatan kasus pasien pandemi corona, salah satunya dengan diberlakukannya
pembelajaran jarak jauh secara daring. Keputusan ini tentu bukan hal yang telah
direncanakan sebelumnya sehingga tak dapat dipungkiri lagi bahwa akan terjadi
berbagai permasalahan.
Permasalahan karena
ketidaksiapan dalam menghadapi pembelajaran daring begitu dirasakan dampaknya,
salah satunya oleh kaum pelajar. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
mengadakan survei dengan 1700 responden untuk mengetahui persepsi siswa dalam
pembelajaran jarak jauh, baik dalam pembelajaran hingga dalam akses.
Berkaitan dengan
pembelajaran daring, siswa mengalami kesulitan karena tugas yang menumpuk
dengan tenggat yang sempit hingga waktu pengerjaan tugas yang singkat sehingga
berdampak pada kesehatannya. Dilansir dari suara.com, terdapat siswa 16 tahun yang naik
tensinya dikarenakan harus berjam-jam berhadapan dengan gawai demi mengerjakan
tugas. Untuk akses sendiri, terdapat 42,2% responden yang tidak memiliki kuota
internet bahkan 15,6% responden tidak memiliki gawai untuk mengakses
pembelajaran daring.
Dari data KPAI tersebut,
terlihat bahwa sistem pembelajaran di Indonesia menjadi PR besar ketika pandemi
menyerang negeri ini. KPAI juga meminta kepada guru dan institusi pendidikan
untuk memberikan metode pengajaran yang menyenangkan dan tepat sehingga tidak
menyebabkan penurunan kesehatan bagi siswa yang diajar akibat dampak dari
metode pembelajaran daring yang kurang tepat.
Ujian pendidikan di
Indonesia tidak hanya terjadi di masa pandemi, namun jauh sebelum itu. Dalam
data terbaru dari Education Index yang dirilis Human Development Reports pada
2017, kondisi pendidikan di Indonesia sendiri menempati posisi ketujuh di ASEAN
dengan skor 0,622 di bawah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand,
Filipina, dan Vietnam. Data tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat pendidikan
di Indonesia masih dalam tahap perkembangan dengan angka yang cukup rendah
dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.
Tingkat pendidikan di
Indonesia yang masih berkembang dan kondisi pandemi saat ini menjadi tantangan
bagi guru untuk selalu berinovasi demi menjaga profesionalitas dan
integritasnya dalam mengajar. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dan Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI)
yang didukung oleh PREDIKT mengadakan Survei Suara Guru di Masa Pandemi COVID-19. Dari
27.046 responden yang terdiri dari guru dan tenaga pendidikan dari 34 provinsi
di seluruh Indonesia, kebutuhan peningkatan kapasitas guru sangat tinggi. Hal
tersebut dapat dilihat pada infografis berikut.
Dari infografis di atas,
terdapat beberapa hal yang dibutuhkan guru pada saat pandemi. Mulai dari
mempelajari protokol kesehatan, kebutuhan kompetensi kurikulum, hingga
pengetahuan digital dasar yang menjadi momok besar dengan perubahan sistem
pendidikan akibat pandemi. Tentu diperlukan akses pelatihan bagi guru untuk
mempelajari dan mendalami hal tersebut dengan spirit menjaga mutu pengajarannya
dan pendidikan Indonesia itu sendiri.
Bila sebelumnya berbagai
hal seperti pelatihan guru umumnya dilakukan di luar
rumah, kini peningkatan kapasitas guru dalam hal kompetensi hingga pelatihan
perangkat daring dapat dilakukan dengan mudah menggunakan internet dan gawai
yang ada. Tempat
belajar guru kini mulai tidak dibatasi ruang dan waktu. Tentu
hal seperti ini yang dibutuhkan para guru untuk meningkatkan kompetensinya di
masa pandemi saat ini.
GuruInovatif.id adalah
sebuah platform digital bersertifikasi untuk guru meningkatkan kemampuannya
dalam mengajar secara terukur dan terstruktur. Media yang digunakan dalam GuruInovatif.id berupa
video pembelajaran dan modul elektronik yang dapat diakses kapan pun dan dimana
pun. Kehadiran GuruInovatif.id sendiri
merupakan suatu inovasi digital dari HAFECS dengan spirit menjaga kualitas
pengajaran guru.
Kehadiran GuruInovatif.id menjadi
semangat pendidikan bagi para guru untuk meningkatkan kapasitasnya dalam
mengajar di masa pandemi saat ini serta sebagai bekal bila kegiatan
pembelajaran telah berjalan normal.
Di dalam
platformnya, GuruInovatif.id memiliki
keunggulan dan menawarkan peluang yang besar bagi para guru yang terus belajar
meningkatkan kualitas pengajarannya diantaranya:
- Melatih Kemampuan Guru
GuruInovatif.id menjadi tempat belajar guru dalam mengasah kemampuan mengajarnya dengan kurikulum yang berkualitas. Platform ini menyediakan berbagai topik untuk melatih kemampuan guru mulai dari Pedagogical Content Knowledge (PCK), Higher Order Thinking Skill (HOTS), hingga Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan lainnya. - Trainer Berpengalaman
Trainer memiliki peran yang krusial dalam melatih dan membimbing guru dalam mengembangkan mutu kualitas pengajarannya. Sebagai platform yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia, pelatihan di GuruInovatif.id diisi oleh trainer yang berpengalaman dari HAFECS. GuruInovatif.id juga menjadi ruang diskusi bagi trainer dan para guru. - Kursus bersertifikasi
Kursus dan webinar yang terdapat di GuruInovatif.id telah dilengkapi dengan sertifikat. Tentu sertifikat ini dapat digunakan untuk sertifikasi guru ke depannya. - Kemudahan Belajar
Pembelajaran bagi guru di GuruInovatif.id menggunakan media daring dengan kebebasan akses kapan saja dan di mana saja. Hal tersebut memudahkan guru untuk menyesuaikan waktunya untuk belajar bagi pengembangan dirinya dan waktu untuk mengajar. Tak hanya itu, metode yang digunakan trainer juga memudahkan guru untuk memahami pelatihan.
Dari keunggulan
tersebut, tentu bagi guru maupun tenaga pelajar lainnya GuruInovatif.id merupakan
platform yang sangat bermanfaat dan sayang untuk dilewatkan dalam meningkatkan
kapasitasnya demi pendidikan Indonesia. Untuk detailnya sendiri, GuruInovatif.id menawarkan
fasilitas yang terbagi secara berikut.
Online Certification 32 JP
Online Certification merupakan salah satu kursus daring premium
yang bersertifikasi 32 JP. Kursus daring ini menyediakan video-video pengajaran
untuk semua jenjang sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Materi yang disajikan
dalam video pengajaran Online Certification dikemas secara
terstruktur dan mengangkat tema mulai dari PCK, HOTS, hingga AKM.
Productivity Course 8/16 JP
Productivity Course
merupakan salah satu kursus daring gratis dengan tema pemanfaatan media
pembelajaran terkini untuk mendukung kompetensi pengajaran guru. Kursus ini
juga menjadi kursus yang sangat dibutuhkan guru di masa pandemi, terutama bagi
mereka yang belum menguasai pengetahuan digital dasar. Hal ini akan memudahkan
guru beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring dan melakukan pengajaran
dengan baik.
Mini Course
Mini Course merupakan
salah satu kursus daring premium yang memiliki tema khusus untuk membahas
bagian tertentu dari suatu mata pelajaran di sekolah. Kursus ini akan
menjelaskan secara detail tahapan mengajar suatu pelajaran mulai dari tahap
permulaan, tahap pengajaran hingga tahap penilaian. Selanjutnya, hasil kursus
ini juga dapat diterapkan guru di kelas.
Innovation School
Leaders and Teachers (ISLTF)
ISLTF merupakan
inovasi GuruInovatif.id bersama
HAFECS untuk Guru dengan menghadirkan program kelas online untuk seluruh
jenjang Guru di Indonesia dari Sabang hingga Merauke guna membagikan ilmu dan
metode pengajaran terbaru secara gratis.
Webinar (Pelatihan Online)
32/64 JP
Webinar diadakan GuruInovatif.id bersama
HAFECS diadakan secara rutin dengan tema yang berbeda-beda di setiap
pertemuannya. Adanya webinar ini guna meningkatkan mutu pengajaran guru dalam
perannya di pendidikan secara umum di Indonesia.
Biaya kursus yang
terdapat di GuruInovatif.id sangat
bervariasi dan terjangkau. Terdapat kursus yang gratis dan ada pula kursus yang
biayanya mendapat potongan harga yang cukup besar mulai dari 25 ribu rupiah.
Tentu selain fasilitas modul dan video materi dapat diakses tanpa khawatir soal
waktu, harga yang ditawarkan menjadi kelebihan GuruInovatif.id yang
dapat menjangkau guru dan tenaga pengajar di seluruh Indonesia. Guru Belajar
Mengajar di GuruInovatif.id kini
dapat lebih mudah.
Penggunaan
platform GuruInovatif.id sangatlah
mudah. Di websitenya sendiri, GuruInovatif.id memberikan tutorial mulai
dari Cara Belajar, Cara Pembayaran, dan Cara Mendapatkan Sertifikat yang
memudahkan guru untuk memahami penggunaan platformnya. Penjelasan dalam
tutorialnya juga sangat mudah dipahami. Fasilitas dalam platform ini begitu
ramah terhadap pengguna, terutama bagi mereka yang masih awam dalam menggunakan
fitur GuruInovatif.id.
Bila sudah tertarik
dengan platformnya, tentu salah satu langkah dalam berkontribusi sebagai
pengguna adalah memiliki akun GuruInovatif.id. Cara membuat akunnya juga mudah.
Anda hanya perlu mengisi data diri anda pada setiap kolom.
Terdapat banyak sekali keuntungan bila kita memiliki akun GuruInovatif.id, mulai dari mengetahui informasi webinar pendidikan secara update dan dapat mengakses kursus dengan mudah, terutama kursus yang gratis.
Ulasan dari para
pengguna GuruInovatif.id ini
pun membuat Anda, terutama yang membidangi pendidikan cukup bersemangat dan
percaya dengan fasilitas dan kualitas yang diberikan platform ini.
Baik guru, tenaga pengajar, akademisi, dan pemerhati pendidikan lainnya bahkan bagi mereka yang tertarik dengan dunia pendidikan dapat mempercayakan GuruInovatif.id sebagai platform pendidikan terbaik. Anda dan siapa pun dapat mengakses GuruInovatif.id untuk terus mengembangkan diri, terutama dalam hal pendidikan dan pengajaran. Dengan partisipasi kita dengan mengenali dunia pendidikan, hal tersebut menjadi langkah kecil menuju perubahan besar dalam pendidikan di Indonesia!
***
Sumber Referensi
https://spab.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=infografik-suara-guru-di-masa-pandemi-covid-19_gtk-x-wvi-071020
https://www.kpai.go.id/berita/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota
https://www.suara.com/news/2020/03/19/172639/keluhan-siswa-belajar-online-karena-corona-boros-kouta-hingga-tensi-naik
http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020
https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR
Comments
Post a Comment