Sahabat Pena

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hallo reader! Aku jarang banget nih yang namanya blogging. Maklum, gak punya kuota. jadi, kalau mau nulis kudu ke warnet. Gak hanya itu, untuk ke warnet pun susah, karena sekarang aku banyak banget kegiatan karena sekarang aku udah kelas 9. Untuk semester ganjil ini, aku disibukkan dengan aktivitas seperti les, Pramuka, dan Forum Anak Daerah. Jujur, sibuk itu asyik banget.

Sahabat pena. Di era modern ini mungkin sulit menemukan orang yang hobinya kiriman surat. Mengapa tidak, di abad 21 ini para ahli dan ilmuwan telah menemukan berbagai alat komunikasi yang begitu canggih. Seperti ponsel dan pc. Dahulu, ponsel hanya digunakan sebagai media mengirim pesan singkat atau yang populer dengan istilah SMS dan telepon. Sekarang, ponsel memiliki berbagai fitur unik, seperti kamera, 3G, GPRS, Wi-Fi,dan sebagainya. Begitu juga dengan pc. Dahulu, pc hanya berupa komputer yang hanya bisa dimainkan di satu tempat, kini memiliki produk terbaru yaitu laptop. Bahkan ada yang berbentu tablet dan I-Pad.

Surat dari Sri Lanka
Namun, bertukar surat tak kalah asyik lho dari mantengin ponsel dan pc. Walaupun ini jauh lebih mahal, tapi kita bisa saling bertukar barang secara langsung walaupun terpisahkan oleh ruang dan waktu.

Kebanyakan dari orang yang senang berkorespodensi ini sabar. Mereka sabar dalam menunggu surat yang berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Bagi mereka, itu adalah waktu yang sangat singkat. Suara yang paling mereka senangi adalah suara klakson motor dari seseorang yang membawa banyak surat.

Nah, biasanya di surat itu, tidak hanya berisi surat dengan cerita panjang lebar. Tetapi juga berisi kertas memo kecil dengan gambar yang lucu, gambaran handmade, teh (untuk yang suka swap dengan penpals luar negeri), badge dan scout scarf (untuk yang senang mengoleksi dan swap dengan anggota scout dari luar negeri), dan sebagainya. Asyik, kan?

Nah, aku akan berbagi tips cara mendapatkan sahabat pena atau penpals dari dalam maupun luar negeri.

1.       Sahabat Pena Dalam Negeri

            Untuk mencari sahabat pena dalam negeri, ada dua cara. Yaitu sebagai berikut.

a.       Melalui media cetak.

      Media cetak yang digunakan untuk mencari sahabat pena pada umumnya adalah majalah. Dan majalah yang biasanya aku beli adalah majalah bobo (karena aku masih 14 tahun). Caranya mudah, kamu kirim surat kepada redaksi dengan menulis kalimat berikut di akhir paragraf.
Untuk teman-teman yang mau menjadi sapen aku, silahkan kirim surat ke alamat aku ya! Aku tunggu suratnya.”
Surat dari Thailand
      Cara kedua dengan membuat posting di fanpage nya. Tulis dengan kalimat yang sama. Jangan lupa, tuliskan alamat lengkapmu.

Saran : Lebih aman jika kamu kirim surat agar alamat kamu tidak dijangkau orang lain yang tidak bertanggung jawab.

b.      Melalui aplikasi Instagram

      Siapa sih yang gak tau Instagram? Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengirim foto, baik selfie maupun hasil foto dengan kualitas terbaik. Biasanya, di aplikasi ini foto yang diupload harus berbentuk persegi.
      Nah, di aplikasi ini memiliki fitur direct message seperti twitter dan hashtag. Untuk mencari sapen disini, kita perlu mengirimkan gambar yang membuat calon sapen kita tertarik. Tulis caption dengan contoh sebagai berikut.

Halo! Namaku Rahma Fadhila dari Singkawang, Kalimantan Barat. Umurku 14 tahun. Aku mencari sapen berumur 11-16 tahun. Hanya untuk wilayah Indonesia dan untuk perempuan saja. Kalau kalian mau jadi sapen aku, kirim DM ke aku ya. Terima kasih #penpalswanted #penpals #sahabatpena #sapen #penpalsindonesia #penpalsneeded #lookingforpenpals


Caption tadi hanyalah contoh. Kalian boleh memberi variasi sesuai kemauan kalian.



2.      ‘Penpals’ Luar Negeri
            Untuk sahabat pena luar negeri, hanya ada satu cara yang saya ketahui. Yaitu melalui Instagram. Caranya sama. Hanya saja captionnya menggunakan bahasa Inggris. Contoh dari captionnya adaah sebagai berikut.

Beberapa Suratku
Hallo! My name is Rahma Fadhila. I’m 14 yo. from Indonesia. I’m looking for penpals. No matter where are you from. But, only for girl from 11-16 yo. if you’re interesting, please DM me. Thank you #penpalswanted #penpals #letter #penpalsworldwide #penpalsneeded #lookingforpenpals

***




Nah, simple kan? Aku juga suka dengan korespodensi. Awalnya, aku bertujuan untuk mengikuti tes TKK korespodensi dan TKK pengumpul perangko. Namun ini sangat menyenangkan hingga aku ingin menambah pengalamanku. Dan hasilnya sangat baik. Aku memiliki sahabat pena yang selalu mengirimkan suratnya dan membalas suratku. Bahkan, pak pos tak lupa dengan namaku. Hahahaha. Tak hanya itu, aku mendapat sahabat baik.


Walaupun hal ini terkesan jadul dan mungkin langka, ini merupakan hal yang menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat. Happy weekend! Wassalam….

Comments

  1. Replies
    1. Nah untuk alamat, kamu bisa inbox sama calon sapen kamu.

      Delete
  2. Hai:) Kakak pramuka juga? wah sama.. aku waktu jamboree asean 2 tahun yg lalu aku swap bnyk bgt barang sama org luar ka.. untuk info saja ya kak, org luar lumayan menghargai apa yg kita punya hehe.. -love from jakarta

    ReplyDelete
  3. Hai:) Kakak pramuka juga? wah sama.. aku waktu jamboree asean 2 tahun yg lalu aku swap bnyk bgt barang sama org luar ka.. untuk info saja ya kak, org luar lumayan menghargai apa yg kita punya hehe.. -love from jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akkk keren >< wah jadi pengen. Semoga rainas tahun depan bisa ikutan :')

      Delete
  4. Kita seumuran :3 gak nyangka masih ada aja yang hobinya sama kaya aku. Makasih ya tipsnya. Aku dari Tangerang

    ReplyDelete
  5. Oh iya,kamy ada cara yang lebih mudah lagi gak ? Aku nyari di Instagram susah :( kebanyakan internasional

    ReplyDelete
  6. Hello boleh jdi sapen mu gak . Klau mau kirim ke alamatku pasti aku balas
    My addres is JL BERLIAN NO 23 . RT009/RW14, PERUM KOTA BARU DRIYOREJO. GRESIK. JAWA TIMUR.INDONESIA. Code post : 61177 . Nama badaisamudrar

    Ig:badaisamudrar

    ReplyDelete
  7. Hello boleh jdi sapen mu gak . Klau mau kirim ke alamatku pasti aku balas
    My addres is JL BERLIAN NO 23 . RT009/RW14, PERUM KOTA BARU DRIYOREJO. GRESIK. JAWA TIMUR.INDONESIA. Code post : 61177 . Nama badaisamudrar

    Ig:badaisamudrar

    ReplyDelete
  8. Salam kenal kakak kakak semua,... Saya Anom dari DIY..... Sangat bermanfaat postingannya.. Yang mau jd sapenku

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. hi, beneran dari singkawang? aku di pontianak. salam kenal :)x

    ReplyDelete
  11. hi, beneran dari singkawang? aku di pontianak. salam kenal :)x

    ReplyDelete
  12. Wah aku tidak menyangka masih banyak yang ingin bersahabat pena. Sudah lama aku tidak bersapen, buat teman-teman yang ingin bersapen via email aku tunggu yah mr.sapen@gmail.com
    oh ia, kalau ada yang mau bersapen melalui pos surat, tinggalkan aja pesan di gmailku. Nanti aku akan kirimkan surat ;)
    emailku aktif 24 jam, jadi ngak perlu kuatir aku ngak balas ;)

    ReplyDelete
  13. Hallo aku dr jakarta,siapa yg mau jadi sapen sy. Kirim alamat mu di aat.atikah28@gmail.com ,salam kenal...

    ReplyDelete
  14. kak aku liat di majalah bobonya gak ada tulisan sahabat pena carinya dimana ya kak?

    ~dea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sekarang rata-rata mereka mengirim salam sudah via facebook atau website Bobo. Jadi udah jarang banget kita melihat alamat pengirim tertera di rubrik Apa Kabar, Bo?

      Delete
  15. Hallo saya Ina dari Jakarta, kalau ada yang mau jadi sapen saya bisa email ke inamarizki52@gmail.com:)

    ReplyDelete
  16. Hy Ada Yg mau jadi sahabat pena ku ngk:).Salam kenal, sya dari sulsel.

    Email sya: Fitriiayu.fa23@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Hy Ada Yg mau jadi sahabat pena ku ngk:).Salam kenal, sya dari sulsel.

    Email sya: Fitriiayu.fa23@gmail.com

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Hai kakk.. Aku pengen deh sapenan sama kakak.. bole engga?? klo mau dm aku ya di ig @uchiha_ega_tetsuya tks..

    ReplyDelete
  20. butuh sahabat pena nih. emailku aldopedia@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Hallo nama ku Iqbal kelas 2smk pariwisata.. ad yg mau jadi sapen aku?? Alamatnya Jl. Kebon jeruk 14 no 17k 002/008 Maphar tamansari jakarta barat
    Dki jakarta pulau jawa Indonesia. Kirim aja surat ke rumahku.. pasti akan ku balas.. ;-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Balasan Surat Pribadi

[Review Produk] Cuka Apel Tahesta, Produk Lokal Murah Menghilangkan Jerawat

Apa yang Kita Tinggalkan di Ruang Publik Dunia Maya?