Bubur Pedas, Bubur Unik Khas Sambas

Sajian Bubur Pedas
Bubur pedas merupakan makanan khas masyarakat Melayu Sambas, yang dalam dialek daerahnya disebut bubbor paddas. Bubur yang satu ini memiliki tampilan yang berbeda dari bubur yang dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya yang cenderung berwarna putih nasi. Bubur pedas ini cenderung berwarna kehijauan karena bahannya kaya akan sayuran.

Bubur pedas merupakan resep turun – temurun masyarakat Melayu Sambas yang tak hanya menduduki wilayah Kabupaten Sambas, namun juga meluas ke Singkawang, Pontianak, hingga seluruh daerah Kalimantan Barat.

Bubur pedas ini berbahan dasar beras seperti bubur pada umumnya, dengan tambahan kelapa parut, daun kesum, pakis, tauge, kangkung, wortel, ubi jalar, dan jagung. Bumbu khas dalam bubur pedas ini yakni daun salam, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan sedikit merica.

Uniknya, meskipun bubur pedas ini akan dikenali orang awam karena rasa pedasnya, nyatanya jarang sekali ditemukan rasa pedas yang berlebih pada bubur pedas ini. Bubur pedas ini juga memiliki citarasa yang gurih. Bubur yang kaya akan rempah dan sayuran ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Di kalangan masyarakat Melayu Sambas, biasanya bubur pedas ini biasanya hadir dalam acara keluarga dan tak jarang hadir pula di meja makan masyarakat.. Bubur pedas biasanya didampingi dengan kacang goreng, ikan teri goreng, bawang goreng, kecap manis, jeruk limau, keca, dan sambal sesuai dengan selera anda. Bubur pedas ini cocok menjadi hidangan makan siang anda. Tak hanya itu, bubur pedas juga sering disajikan sebagai salah satu hidangan berbuka puasa.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Balasan Surat Pribadi

[Review Produk] Cuka Apel Tahesta, Produk Lokal Murah Menghilangkan Jerawat

Sahabat Pena